Thursday, April 9, 2015

Sebelum Berinvestasi, Pahami 5 Cara Menilai Prospek Properti

Sebelum Berinvestasi, Pahami 5 Cara Menilai Prospek Properti

Sebelum Berinvestasi, Pahami 5 Cara Menilai Prospek Properti
Ilustrasi (Foto: ilenrock)
JAKARTA - Investasi properti saat ini merupakan salah satu investasi dengan prospek cerah di Indonesia. Membaiknya kondisi perekonomian, memacu bertambahnya jumlah kelas menengah di Indonesia. Tentu ini ikut mengkerek tumbuhnya permintaan terhadap properti. Sebagai investor, Anda harus jeli membaca prospek properti Anda. 

"Sebelum Anda melakukan keputusan untuk berinvestasi pada suatu lokasi tertentu, Anda perlu mengamati keunggulan dan kelebihan calon lokasi investasi properti Anda, " kata pakar properti, Panangian Simanungkalit yang dikutip dalam bukunya Rahasia Menjadi Miliarder Properti, Sabtu (1/2/2014). 

Setidaknya, ada lima faktor yang harus Anda perhatikan mengenai prospek investasi properti yang Anda lakukan, yang dikutip dari buku Rahasia Menjadi Miliarder Properti, karya Panangian Simanungkalit, di antaranya yakni :

1. Bagaimana prospek pertumbuhan nilai properti di kawasan itu?
Berbicara mengenai prospek, sebelum Anda membuat prediksi pertumbuhan nilai investasi properti di kawasan Anda, ada tujuh hal yang harus Anda perhatikan. Yaitu apakah ada rencana tata kota, pembangungan jalan, pembangunan jalan arteri, pembangunan mal, pembangunan growth center, pengembangan daerah komersil, perkantoran baru di kamar itu? 

2. Bagaimana status siklus hidup dari kawasan itu?
Anda harus jeli menilai kawasan properti Anda. Menurut Panangian, kawasan sunriseatau kawasan baru berkembang di bawah 60 tahun merupakan kawasan yang prospektif. Karena dianggap memiliki usia yang relatif muda. Tidak hanya itu, Panangian memprediksi nilai properti dikawasan ini selama lima tahun kedepan bisa meningkat hingga 10 persen per tahun untuk semua jenis investasi. 

3. Bagaimana rencana tata kota di kawasan itu?
Semakin baik dan tertata rapi penataan kota oleh pemerintah setempat di kawasan investasi Anda, maka akan semakin berkembang kawasan itu.

4. Di mana posisi lokasi properti Anda dalam kota?
Anda juga perlu mengetahui lokasi persis investasi properti Anda di dalam peta rencana tata ruang kota. 

"Dimana pun lokasi investasi Anda tidak menjadi soal, yang terpenting pastikan lokasi investasi Anda terdapat pada sunrise area," ucapnya. 

5. Bagaimana aktivitas kawasan properti Anda?
Anda harus mengamati orientasi aktivitas kawasan investasi properti Anda. Semakin dekat dengan pusat perbelanjaan, CBD, maka lokasi ini akan semakin prospektif.
(wdi)

Sumber:
http://economy.okezone.com/read/2014/02/01/471/934739/sebelum-berinvestasi-pahami-5-cara-menilai-prospek-properti




0 comments:

Post a Comment