Thursday, April 9, 2015

GEPENTA: Rehabilitasi Putuskan Siklus Peredaran Narkoba

GEPENTA: Rehabilitasi Putuskan Siklus Peredaran Narkoba

b_300_225_16777215_0___images_2013_sis_gempenta.jpg
PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Langkah rehabilitasi korban dapat memutus peredaran narkoba yang dilakukan para bandar. Alasannya bila seluruh korban narkoba telah direhabilitasi, maka tidak akan ada lagi celah bandar beraksi. Namun,  tentu harus diikuti pemahaman serta kemauan korban serta keluarganya soal rehabilitasi. 

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba & Tawuran (GEPENTA) Parasian Simanungkalit, Minggu (7/7) dalam acara gerak jalan sehat anti narkoba di kawasan Monumen Nasional Jakarta. Lebih lanjut Parasian menambahkan kalau sampai hari ini masih banyak keluarga korban narkoba yang belum mengetahui prosedural rehabilitasi narkoba.

“Ada keluarga korban narkoba masih bingung bagaimana mekanismenya bila mereka ingin mengurus rehabilitasi,” papar Parasian.

Dengan begitu, sambung Parasian, bandar masih berpeluang mengedarkan narkoba kembali ke korban karena belum masuk rehabilitasi. Pada akhirnya korban tidak berhenti mengonsumsi narkoba.

“Upaya rehabilitasi ini perlu digalakkan sosialisasinya ke seluruh masyarakat, bukan hanya keluarga korban narkoba saja yang cukup tahu,” imbuh Parasian.

Gerakan rehabilitasi korban narkoba, tambah Parasian, harus menjadi konsentrasi serius seluruh lapisan masyarakat dan penggiat anti narkoba bila ingin mencegah peredaran dan penggunaan narkoba.

“Itu jika ingin Indonesia bersih narkoba 2015,” pungkas Parasian.

Hal senada juga disampaikan Direktur Peran Serta masyarakat BNN Brigjen Drs, Siswandi. “BNN tidak akan tinggal diam, upaya rehabilitasi akan terus ditekankan kepada korban dengan harapan yang sama memotong jaringan pengedar,” ujarnya

Bahkan, lanjut Siswandi, BNN telah melakukan sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat mengenai rehabilitasi untuk korban narkoba.

Gelaran kegiatan yang dilakukan GEPENTA sendiri disambut dengan antusias oleh Siswandi. “Terlebih tujuan dari gerak jalan sehat anti narkoba yang ingin diciptakan GEPENTA untuk mengampanyekan anti narkoba ke masyarakat adalah baik,” tutur Siswandi.(jak/dev)



Sumber:
http://portalkriminal.com/index.php/narkoba/8526-gepenta-rehabilitasi-putuskan-siklus-peredaran-narkoba

0 comments:

Post a Comment